I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b,
c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!
1. Apakah arti potongan ayat di bawah ini…
إِنَّ
فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ
لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
a.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit
dan bumi,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi
orang–orang yang berakal
b.
Sesungguhnya dalam penciptaan surga dan
neraka , dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi
orang–orang yang berakal
c.
Sesungguhnya dalam penciptaan bumi dan
bulan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi
orang–orang yang berakal
d.
Sesungguhnya dalam penciptaan manusia dan
hewan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi
orang–orang yang berakal
e.
Sesungguhnya dalam penciptaan
planet-planet,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi
orang–orang yang berakal
2. Tujuan penciptaan langit dan bumi serta
pergantian siang dan malam menurut QS. Ali ‘Imran: 190. Adalah....
a.
Membuktikan bahwa Allah Swt itu Maha
Adil dan perkasa
b. Membuktikan tentang tauhid,keesaan dan
kekuasaan Allah SWT
c.
Membuktikan tentang kekutan Allah dan
manusia
d. Mencontohkan orang orang yang soleh
e.
Memberikan inspirasi untuk masuk agama
islam
3.“Mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk
mendengar (ayat ayat Allah)” Potongan ayat
yang tepat untuk
terjemahan ini adalah....
a. إِنَّ
السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ
b. وَلَهُمْ
آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا
c. لَهُمْ
قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا
d. وَلَهُمْ
أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا
e. أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
4. Pada
lafal terdapat hukum bacaan Mad . . . .
أُولَٰئِكَ
هُمُ
الْغَافِلُونَ .
a.
Tabi’i
b.
‘Iwad
c.
Wajib Muttasil
d.
Jaiz Munfasil
e.
‘Arid Lissukun
5. Perhatikan potongan ayat berikut خَلْقِ
السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ artinya . . . .
a. penciptaan
langit dan bumi
b. tanda-tanda kebesaran Allah Swt.
c. dan
pergantian siang dan malam
d. orang-orang
yang mengingat Allah Swt.
e. dalam
keadaan berdiri dan duduk
6. لِأُولِي
الْأَلْبَابِ yang dimaksudkan dengan kata “ulul albab”
dalam surah. Ali ‘Imran: 190 adalah......
a. Orang-orang yang suka bersabar
b. Orang-orang yang berakal
c. Orang-orang yang taat beribadah
d. Orang-orang yang yang beriman dan bertaqwa
e. Orang-orang yang suka bersedekah
7. Sikap yang tepat terhadap ayat al-Qur'an
adalah . . . .
a. membacanya setiap malam Jumat dengan khusyuk
b. membaca dengan tartil dan suara yang bagus
c. membacanya dengan fasih di hadapan guru
d. membaca dan mengkajinya bersama orang yang
ahli
e. membacanya setiap saat untuk mendapatkan
kelancaran usaha
8. Berikut ini tidak termasuk sikap seorang ulil
albab yang tercantum dalam Q.S. Ali 'Imran/3:191 yaitu ialah . . . .
a. Merenungkan ciptaan Allah Swt
b. Menghafalkan ayat-ayat tertentu
c. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan duduk
d. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berdiri
e. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berbaring
9. Perhatikan pernyataan di bawah ini,
1. Dapat mengoptimalkan pemanfaatan alam untuk
kepentingan umat manusia;
2. Dapat mengambil inspirasi dari semua ciptaan
Allah Swt. dalam mengembangkan IPTEK;
3. Menemukan jawaban dari misteri penciptaan
alam (melalui penelitian);
4. Mengantisipasi terjadinya bahaya, dengan
memahami gejala dan fenomena alam;
Pernyataan di atas termasuk....
a. perilaku mulia berpikir kritis.
b. tujuan berpikir kritis
c. manfaat berpikir kritis
d. hakekat berpikir kritis
e. manfaat dan hakekat berpikir kritis
10. Perhatikan pernyataan di bawah ini,
1. Senantiasa bersyukur kepada
Allah Swt. atas anugerah akal sehat;
2. Melakukan kajian-kajian
terhadap ayat-ayat al-Qur'an secara lebih
mendalam
bersama para pakar di bidang
masing-masing;
3. Menjadikan ayat-ayat al-Qur'an sebagai inpirasi dalam melakukan
penelitianpenelitian ilmiah untuk
mengungkap misteri penciptaan
alam;
4. Menjadikan ayat-ayat kauniyah
(alam semesta) sebagai inspirasi
dalam
mengembangkan IPTEK;
5. Membaca dan menganalisis gejala alam
untuk mengantisipasi
terjadinya
bahaya;
Pernyataan
di atas termasuk....
a. perilaku mulia berpikir kritis.
b. tujuan berpikir kritis
c. manfaat berpikir kritis
d. hakekat berpikir kritis
e. manfaat dan hakekat berpikir kritis
11. Pada lafal إِسْرَائِيلَ terdapat hukum bacaan Mad . . . .
a. Tabi’i
b. ‘Iwad
c. Wajib
Muttasil
d.
Jaiz Munfasil
e.
‘Arid Lissukun
12.
Perhatikan potongan ayat berikut وَقُولُوا لِلنَّاسِ
حُسْنًا وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ
Potongan ayat
di atas mengandung perintah … .
a. menyantuni anak yatim
b. berbicara sopan kepada guru
c. bersedekah kepada fakir miskin
d. berlaku sopan terhadap orangtua
e. berbicara santun dengan sesama manusi
13.
Kata “Ihsan” dari sisi bahasa artinya . . . .
a. baik
b.
indah
c.
kebaikan
d.
berbuat baik
e. berkata sopan
14.
Berikut ini yang tidak termasuk bentuk perilaku Ihsan kepada tetangga ialah
a. menjenguk tetangga yang sakit.
b. membayar hutang setelah ditagih .
c.
menyapa dengan senyum yang ramah.
d.
berbagi oleh-oleh setelah pulang kampung.
e.
mengembalikan piring dalam keadaan bersih.
15. Berikut ini yang merupakan perilaku Ihsan kepada alam
ialah . . . .
a.
menebang pohon dan menjualnya.
b. memelihara kucing untuk menangkap
tikus.
c. menebang pohon dan menanam benih yang
baru.
d.
menjaring ikan dengan produk teknologi canggih.
e. menyelamatkan gajah untuk dimanfaatkan
gadingnya .
16. Amal perbuatan manusia akan mendapat balasan yang sesuai.
Amal buruk
dibalas dengan buruk dan amal baik akan
mendapat balasan yang baik pula.
Nama lain hari akhir yang sesuai dengan
pernyataan tersebut adalah . . .
a. Yaumunusyur
b. Yaumutammah
c. Yaumuljaza
d. Yaumulmizan
e. yaumussirot
17. Balasan yang
diberikan Allah Swt. sesuai dengan amal perbuatan manusia
didunia. Meskipun sebessar zarah, niscaya
kebaikan atau perbuatan buruk akan
mendapat balasan. Penjelasan terseut dapat
ditemukan dalam quran surah . . .
a. Az-Zalzalah,
99:7-8
b. Al-Baqarah, 2:1-5
c. An-Nas. 112:1-3
d. Al-A’raf, 7:5
e. Al- hajh 22:7
18. hari kiamat, seluruh
amal perbuatan manusia akan dihitung. Oleh karena
itu, hari kiamat disebut juga dengan hari . .
.
a.
Yaumudin
b.
Yaumulakhir
c.
Yaumulzalzalah
d. Yaumulhisab
e.
yaumulmizan
19. Berikut
tanda-tanda kecil hari kiamat, kecuali . . .
a.
Tersebarnya perzinaan
b. Minuman keras merajalela
c. Fitnah muncul dimana-mana
d.
Munculnya bangsa Yakjuj Makjuj
e.
Pembunuhan dimana mana
20.
Amal manusia akan ditimbang pada hari kiamat
kelak sehingga hari itu dikenal
dengan nama . . .
a. Yaumuljaza
b. Yaumulmizan
c.
Yaumulwaqiah
d.
Yaumusaiqah
e. yaumul
hisab
21.
Gambaran manusia pada
waktu terjadinya hari kiamat kelak ditunjukkan oleh pernyataan . . .
a. Orang saling
bekerja sama untuk dapat keluar dari bencana yang dahsyat
b. Manusia merasa
gembira karena terjadi peristiwa yang langk
c.
Setiap orang berusaha menyelamatkan dirinya sendiri, tidak peduli kepada
orang
lain
d. Sebelum terjadi peristiwa kiamat, manusia memilih
hidup didalam gua agar
selamat
e. setiap manusia
saling tolong menolong
22.
Tahap akhir dari
yaumul akhir adalah...
a. Yaumul ba’as
b. Yaumul khasyar
c. Yaumul khisab
& yaumul mizan
d. Yaumul jaza
e. Yaumussirot
23.
Manusia dapat berusaha mencapai surga pada
waktu...
a. Bangkit
dari alam kubur
b.
Masih hidup di dunia
c.
Khisab akan di laksakan
d. Selesai khisab & mizan
e. di perhitungkan amalnya
24.
Yang di alami manusia
pada yaumul jaza ialah?
a. Merasakan nikmatnya surga
b. Merasakan pedihnya siksa neraka
c. Menerima balasan amalnya
d. Di khisab & ditimbang amalnya
e. menerima akibatnya
25.
Dibangkitkannya nyawa
manusia dari alam kubur ditandai dengan . . .
a. Ditiupnya sangkakala oleh Malaikat Israfil atas perintah
Allah SWT
b. Ditiupnya sangkakala oleh Malaikat Malik
c. Suara burung hud-hud
d. Bangkitnya Rasulullah saw
e. di ciptakan padang mahsar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar